Home Metode Menghapal Al Quran Menghafal Mulai Ayat per Ayat.

Menghafal Mulai Ayat per Ayat.

107
0

Menghafal Mulai Ayat per Ayat.

Al Quran diturunkan Allah kepada Nabi Muhammad SAW secara berangsur-angsur dalam kurun waktu 23 tahun. Secara berangsur-angsur juga ayat Al Quran tersebut dibacakan, dituliskan, dihapalkan, dipahami dan diamalkan oleh Nabi Muhammad dan para sahabatnya.

Al Quran yang kita lihat sekarang sudah semuanya terkumpul secara utuh 6236 ayat dalam satu mushaf. Bagaimana kita bisa menghapalkannya sekaligus? Susah. Allah sudah mudahkan Al Quran untuk dihapal. Hapalkanlah Al Quran sesuai kemampuan kita. Hapalkanlah secara berangsur-angsur.

Menghapal Al Quran bisa dimulai dari ayat per ayat, dari satu ayat yang pendek. Ayat-ayat yang pendek banyak terdapat pada juz 30. Selain dari ayatnya yang pendek, suratnya pun dipilih surat yang pendek atau sedikit ayatmya. Hal ini bisa dimulai dari akhir surat juz 30 yaitu surat Annas, Alfalaq, Al-ikhlas dan seterusnya.

Memulai menghapal Al Quran dari ayat dan surat yang pendek yang mudah dihapal akan meningkatkan keyakinan kepada kita bahwa menghapal Al Quran itu mudah. Jika keyakinan menghapal Al Quran itu mudah sudah tertanam dalam diri kita maka akan memudahkan kita menghapal ayat-ayat yang lebih panjang dari surat-surat yang lebih banyak ayatnya. Pada akhirnya dari menghapal ayat per ayat tersebut dapatlah kita menghapal seluruh ayat Al Quran. Yang penting istiqomah terus membaca, menghapal dan murojaah hapalan setiap hari.

Previous articleTAHFIZ ONLINE KAMPUS UMT
Next articleTahfiz Mahasiswa UMT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.