Beranda Uncategorized 6. Menjauhkan Diri dari yang Haram dan Sia-sia

6. Menjauhkan Diri dari yang Haram dan Sia-sia

78
1

Menjauhkan diri dari yang haram dan sia-sia sangat penting dalam proses mempelajari dan menghafal Al-Quran. Berikut penjelasan lengkap mengapa dan bagaimana hal ini perlu dilakukan:

 

 Mengapa Menjauhkan Diri dari yang Haram dan Sia-sia

 

  1. Menjaga Hati dan Pikiran yang Bersih

   – Pengaruh pada Hati: Perbuatan haram dapat mengotori hati, sedangkan hati yang bersih sangat penting dalam menghafal dan memahami Al-Quran. Allah berfirman, “Sesungguhnya Al-Qur’an ini adalah bacaan yang sangat mulia, pada Kitab yang terpelihara (Lauh Mahfuzh), tidak menyentuhnya kecuali hamba-hamba yang disucikan.” (QS. Al-Waqi’ah: 77-79)

   – Hadis: Dari Abu Hurairah, Rasulullah bersabda: “Sesungguhnya dalam tubuh ada segumpal daging. Jika baik segumpal daging itu, maka baiklah seluruh tubuh; dan jika rusak segumpal daging itu, maka rusaklah seluruh tubuh. Ketahuilah bahwa segumpal daging itu adalah hati.” (HR. Bukhari dan Muslim)

 

  1. Memperoleh Berkah dalam Ilmu

   – Berkah Ilmu: Ilmu yang diperoleh dengan cara yang baik dan diiringi dengan amal yang baik akan membawa berkah. Berkah ini akan mempermudah dalam menghafal dan memahami Al-Quran.

   – Dalil Al-Quran: “Dan takutlah kepada Allah; Allah mengajarmu; dan Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.” (QS. Al-Baqarah: 282)

 

  1. Meningkatkan Konsentrasi dan Fokus

   – Gangguan dari Hal Haram dan Sia-sia: Melakukan hal-hal yang haram dan sia-sia dapat mengganggu konsentrasi dan fokus. Dengan menjauhi hal-hal ini, seseorang dapat lebih fokus dalam menghafal Al-Quran.

 

 Bagaimana Menjauhkan Diri dari yang Haram dan Sia-sia

 

  1. Mengenali dan Menghindari Perbuatan Haram

   – Ilmu tentang Hal-hal Haram: Pelajari dan ketahui apa saja yang diharamkan dalam Islam agar dapat menghindarinya. Misalnya, menjauhi makanan haram, perbuatan riba, ghibah, dan lain-lain.

   – Lingkungan yang Baik: Tinggal di lingkungan yang mendukung perilaku Islami dan menjauh dari tempat-tempat yang bisa mendorong perbuatan haram.

 

  1. Mengatur Waktu dengan Baik

   – Jadwal Harian: Buat jadwal harian yang teratur untuk menghafal Al-Quran, ibadah, dan aktivitas lain yang bermanfaat. Hindari kegiatan yang sia-sia seperti bermain game berlebihan, menonton acara TV yang tidak bermanfaat, dan lain-lain.

   – Prioritas Kegiatan: Prioritaskan waktu untuk kegiatan yang bermanfaat dan mendekatkan diri kepada Allah.

 

  1. Bergaul dengan Orang-orang Shalih

   – Pengaruh Positif: Bergaul dengan teman-teman yang juga berkomitmen menghafal Al-Quran dan beramal shalih akan memberikan pengaruh positif dan motivasi.

   – Dalil Hadis: Rasulullah bersabda: “Seseorang itu tergantung pada agama teman dekatnya. Maka hendaklah salah seorang di antara kalian melihat siapa yang menjadi teman dekatnya.” (HR. Abu Dawud dan Tirmidzi)

 

  1. Memperbanyak Dzikir dan Doa

   – Mengingat Allah: Perbanyak dzikir dan doa agar selalu mengingat Allah dan terhindar dari perbuatan yang tidak bermanfaat.

   – Doa Memohon Perlindungan: Berdoa kepada Allah agar diberikan perlindungan dari godaan syaitan dan perbuatan yang haram. Rasulullah mengajarkan doa, “Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari ilmu yang tidak bermanfaat, hati yang tidak khusyuk, doa yang tidak didengar, dan jiwa yang tidak pernah puas.” (HR. Muslim)

 

  1. Mengisi Waktu dengan Kegiatan Bermanfaat

   – Amal Shalih: Isi waktu dengan kegiatan bermanfaat seperti membaca buku Islami, mengikuti kajian, berolahraga, dan melakukan aktivitas sosial.

   – Dalil Al-Quran: “Maka apabila kamu telah selesai (dari sesuatu urusan), kerjakanlah dengan sungguh-sungguh (urusan) yang lain.” (QS. Al-Insyirah: 7)

 

Dengan menjauhkan diri dari yang haram dan sia-sia, kita dapat menjaga hati dan pikiran tetap bersih, memperoleh berkah dalam ilmu, dan meningkatkan konsentrasi serta fokus dalam menghafal Al-Quran. Selain itu, menjalani kehidupan yang penuh dengan amal shalih dan kegiatan bermanfaat akan mendekatkan kita kepada Allah dan memudahkan segala urusan kita, termasuk dalam menghafal dan memahami Al-Quran.

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.