Beranda Uncategorized 1 Keutamaan Al Quran dan Menghafalkannya

1 Keutamaan Al Quran dan Menghafalkannya

114
0

Keutamaan Al Quran

Al Quran memiliki banyak keutamaan yang diakui dalam ajaran Islam. Berikut beberapa keutamaan Al Quran:
 
1. Petunjuk Hidup:
Al Quran dianggap sebagai petunjuk hidup yang diberikan oleh Allah SWT untuk umat manusia, membantu mereka dalam menjalani kehidupan yang benar sesuai dengan ajaran-Nya.
 
2. Pahala Membaca: Membaca Al Quran memberikan pahala yang besar. Setiap huruf yang dibaca dihitung sebagai satu kebaikan, dan setiap kebaikan dilipatgandakan sepuluh kali lipat.
 
3. Penyembuh:
Al Quran memiliki sifat penyembuh baik secara spiritual maupun fisik. Beberapa ayat Al Quran digunakan dalam ruqyah untuk menyembuhkan penyakit.
 
4. Penolong di Hari Kiamat:
Al Quran akan menjadi penolong bagi pembacanya di hari kiamat, memberikan syafaat bagi mereka yang mengamalkan isinya.
 
5. Peningkat Derajat: Menghafal dan memahami Al Quran dapat meningkatkan derajat seseorang di hadapan Allah SWT dan juga di masyarakat.
 
6. Sumber Ilmu Pengetahuan:
Al Quran mengandung banyak ilmu pengetahuan tentang alam semesta, sejarah, dan kehidupan, yang dapat menjadi sumber inspirasi dan pengetahuan bagi umat manusia.
 
7. Penyucian Jiwa:
Membaca, mendengar, dan merenungkan Al Quran dapat menyucikan hati dan jiwa, serta membawa kedamaian dan ketenangan.
 
8. Pengajaran Moral dan Etika:
Al Quran memberikan panduan moral dan etika yang jelas, membantu umat Islam dalam berperilaku baik dan menjauhi perbuatan buruk.
 
9. Keutamaannya di Bulan Ramadhan:
Membaca Al Quran di bulan Ramadhan memiliki keutamaan khusus. Malam Lailatul Qadar, yang merupakan malam yang lebih baik dari seribu bulan, terdapat dalam bulan Ramadhan.
 
10. Mukjizat:
Al Quran dianggap sebagai mukjizat terbesar yang diberikan kepada Nabi Muhammad SAW, karena keindahan bahasa, kebenaran ilmiah, dan kemurnian isinya yang tak tertandingi.
 
Dengan memahami dan mengamalkan isi Al Quran, umat Islam diharapkan dapat mencapai kehidupan yang lebih baik dan mendapatkan ridha Allah SWT

Keutamaan Menghapal Al Quran

Interaksi seorang muslim terhadap Al Quran adalah membaca, mempelajari, memahami, dan mengamalkannya. Interaksi lainnya terhadap Al Quran adalah menghapalkannya. Menghafal Al Quran memiliki banyak keutamaan yang sangat dihargai dalam Islam. Berikut beberapa keutamaan menghafal Al Quran:
 
1. Dianugerahi Kedudukan Tinggi:
Para penghafal Al Quran (hafizh) akan mendapatkan kedudukan yang tinggi di dunia dan di akhirat. Mereka akan diberikan penghormatan baik di kalangan umat Islam maupun di hadapan Allah SWT.
 
2. Penolong di Hari Kiamat:
Al Quran akan menjadi syafaat bagi penghafalnya di hari kiamat. Hafizh Al Quran dapat memberikan syafaat kepada anggota keluarganya.
 
3. Menjadi Ahli Al Quran:
Menghafal Al Quran menjadikan seseorang bagian dari “ahlul Quran,” yang dianggap sebagai keluarga Allah di dunia ini.
 
4. Pahala yang Berlipat Ganda:
Membaca dan menghafal Al Quran memberikan pahala yang besar. Setiap huruf yang dihafal akan mendatangkan pahala yang berlipat ganda.
 
5. Hati yang Terjaga:
Menghafal Al Quran membantu menjaga hati dari penyakit hati dan godaan syaitan. Hati yang dipenuhi dengan ayat-ayat Al Quran cenderung lebih tenang dan kuat dalam menghadapi cobaan hidup.
 
6. Menjadi Teladan:
Para hafizh sering kali menjadi teladan bagi orang lain dalam hal keimanan dan ketaatan. Mereka menjadi sumber inspirasi bagi komunitas mereka.
 
7. Memperkuat Ingatan dan Kecerdasan:
Menghafal Al Quran dapat memperkuat daya ingat dan meningkatkan kecerdasan. Proses menghafal ayat-ayat Al Quran melatih otak dan membantu dalam pengembangan kognitif.
 
8. Penghormatan di Kalangan Masyarakat:
Hafizh Al Quran biasanya mendapatkan penghormatan yang besar di tengah masyarakat Muslim. Mereka sering diminta untuk memimpin salat dan memberikan ceramah.
 
9. Keutamaan di Akhirat:
Di akhirat, penghafal Al Quran akan mendapatkan pakaian dan mahkota kemuliaan dari Allah SWT sebagai tanda kehormatan dan pengakuan atas usaha mereka.
 
10. Kedekatan dengan Al Quran:
Menghafal Al Quran membuat seseorang lebih dekat dan akrab dengan isi dan pesan Al Quran. Mereka lebih mudah memahami, merenungkan, dan mengamalkan ajaran-ajaran Al Quran dalam kehidupan sehari-hari.
 
Dengan menghafal Al Quran, seseorang tidak hanya mendapatkan keutamaan dan pahala yang besar, tetapi juga dapat merasakan ketenangan batin dan kebahagiaan spiritual yang mendalam.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.